Selasa, 09 Februari 2010

Pengaruh Positif dan Negatif Teknologi Terhadap Pendidikan

Pada zaman sekarang ini siapa yang tidak tahu dengan teknologi ? hampir seluruh lapisan masyarakat dinegara kita sudah mengetahui apa itu teknologi baik melalui teori maupun benda yang dihasilkal, seperti Hp, computer, dll. Tapi disini kita akan membahas tentang pengaruh teknologi terhadap dunia pendidikan.


Kita ambil saja salah satu contoh teknologi yang sangat berperan disekolah. Saat ini hampir seluruh sekolah sudah menggunakan OHP ataupun laptop didalam proses belajar mengajar dengan adanya kedua benda tersebut akan sangat membantu guru mau siswa dalam memberi maupun menangkap ilmu pengetahuan, karena kalau kita menggunakan teknologi modern dalam proses belajar mengajar itu akan membuka cakrawala kita terhadap suatu ilmu pengetahuan terkini.


Disamping contoh-contoh teknologi diatas ada salah satu lagi sontoh teknologi yang tidak bisa kita lupakan yaitu Internet. Internet sering digunakan oleh siswa untuk mencari data dan informasi dalam mengerjakan tugas disekolah, apabila siswa kekurangan informasi ataupun mengalami sedikit saja kesulitan dalam mengerjakan tugas disekolah, maka internetlah solusi yang paling tepat bagi mereka untuk mencari informasi tersebut. Karena internetlah tempat mereka yang paling cepat untuk memperoleh informasi. Namun sayangnya pada saat jam pelajaran pun, siswa sering mengakses internet, caranya tentu saja melalui handphone yang mereka bawa kesekolah, peraturan yang melarang siswa membawa handphone kesekolah pun dianggap tidak ada.


Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi saat ini juga sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, karena teknologi dan dunia pendidikan sangat berkaitan erat, tidak bisa dipisahkan lagi, seperti dua sisi mata uang. Dan teknologi juga berdampak positif dan negatif terhadap pendidikan dewasa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar