Selasa, 02 Februari 2010

Fungsi Komponen Perangkat Keras

Keyboard : mengubah huruf, angka maupun karakter. Sehingga menjadi sinyal yang bisa di baca oleh sebuah komputer.
Mouse : memanipulasi objek yang ada pada layar komputer. Mouse juga digunakan sebagai alat untuk memberikan instruksi kepada komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Motherboard : Sebuah papan sirkuit yang berfungsi untuk meletakkan chip memory, chip prosesor, dan komponen penting lainnya.

Casing : berbentuk sebuah kotak yang merupakan tempat beberapa kompoen penting seperti chip prosesor, chip memory, motherboard dan termasuk power supply, hard disk, DVD / CD

Chip Prosesor : atau dikenal dengan CPU adalah berupa kepingan silikon kecil berisi jutaan sirkuit elektronik. Berfungsi untuk memproses indformasi yang dinyatakan dalam satuan MHz

Chip Memory : Menyimpan informasi hasil pemrosesan sebelum terkirim ke output atau alat penyimpanan sekunder. Dikenal dengan RAM.

HardDiskDrive : Perangkat yang digunakan untuk menyimpan data.

CD/DVD Drive : perangkat penyimpanan yang menggunakan teknologi laser untuk membaca data dari sebuah cakram.

Video Card : Mengubah informasi output dari prosesor dan menghubungkannya ke layar monitor.

Sound Card : Mengubah informasi output dari prosesor dan mengirimkannya ke speaker. Dengan adanya sound card. Kita dapat mendengarkan musik malalui HardDisk, CD/DVD.

Monitor : mengubah sinyal elektrik yang berasal dari Video card menjadi gambar.

Modem : sebuah alat yang menggunakan kabel telpon untuk menerima dan saling bertukar data dari komputer ke komputer.

Nah, bagi teman-teman yang ingin mengenal lebih jauh tentang seluk beluk komputer dan yang ingin merakit komputer tentu mendapat sedikit gambaran tentang apa-apa saja yang terdapat dalam sebuah komputer dan apa-apa saja yang dapat membuat komputer bekerja.

Baca disini Fungsi Perangkat lunak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar