Sabtu, 28 April 2012

Tips Membuat Artikel Berkualitas Di Blog

Pada kali ini saya akan berbagi pengalaman yeng pernah saya alami sebelumnya. Suatu ketika ada yang memesan website dengan saya. Kemudian ia beralasan bahwa ia ingin membuat ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk kuliah dan sebagainya. Sampai sampai dia nanyain ke saya berapa penghasilan blog saya dalam sebulan. Loh :-D. Saya bingung mau jawab apa.

Menurut saya banyak sekali orang yang ingin membuat blog tujuan nya hanya nyari duit. Tapi hal itu tidak dapat  menjamin karena mereka hanya bertujuan memperoleh uang saja. Blogger itu sangat luas, harus terjun langsung untuk mengelola blog atau website, baru tau apakah kita bisa mendapatkan uang dari blog atau tidak. Dalam dunia blog itu ada SEO, dll. Hal itu tidak bisa dipelajari dalam sekejap saja, dan dengan teori saja.

Intinya adalah jika anda ingin membuat blog atau website, yang paling diutamakan itu adalah kualitas. Bukan pengunjung. Kalau blog anda sudah berkualitas, nanti pengunjung pasti datang sendiri. Anda tidak perlu mencari repot repot cara memperbanyak pengunjung setiap hari. Dan juga hal itu hanya menambah anda pusing. Dengan adanya artikel yang berkualitas, maka anda akan mendapatkan pengunjung yang banyak, dan blog anda pun bisa anda komersilkan. Entah itu berupa iklan, dagang, dll. 

Alhamdulillah, blog ini meskipun pengunjungnya tidak terlalu banyak, namun sekarang sudah bisa nambah nambahin uang belanja. :-). Saya benar benar tidak menyangka. Apa yang saya lakukan?? intinya adalah Selalu Update Blog Anda Dengan Artikel dan Konten-Konten Yang Berkualitas. dan Rasakan sendiri hasilnya.

Saya sendiri saja tidak menyangka ketika saya hanya fokus membuat artikel yang berkualitas, pengunjung saya menjadi bertambah drastis. Padahal sebelumnya saya selalu mencari cara agar blog saya banyak dikunjungi oleh orang lain. Tapi ternyata hal itu salah besar. 

Yang paling gawat itu adalah Kopi Paste Secara Membabi Buta. Saya akan bercerita pengalaman pribadi teman saya. Yang pada saat itu mulai ngotak ngatik blogspot sama-sama. Kami selalu berlomba dapet pengunjung yang paling banyak. Apa yang dia kerjakan? artikelnya sudah mencapai ribuan. Tapi apa hasilnya sekarang?? blog nya hanya dikunjungi puluhan atau bahkan satuan setiap harinya. Hal ini disebabkan oleh artikel yang mengcopy dari orang lain. Mentah Mentah. 

Google boleh kok copy paste, tapi dalam bentuk mengambil referensi saja. Misal kita membuat artikel terus mencari pembahasan yang berhubungan. Namun tetaplah 70% harus ada ide dari kita sendiri. 

Demikianlah sharing pengalaman saya hari ini. Semoga dapat dijadikan acuan untuk anda kearah yang lebih positif. Terimakasih. Wassalam.

Khairul Umam


1 komentar: