Kamis, 28 Januari 2010

Teknik Mengajar Yang baik

Suasana belajar mengajar yang nyaman dan menyenangkan adalah idaman bagi setiap siswa. Karena dengan cara demikian siswa dapat mengikuti proses belajar tanpa ada rasa ketakutan, kegelisahan dan lain-lain. Namun, hal ini sangat jarang dijumpai. Pada umumnya guru yang mengajar memberikan materi dengan cara yang sama sekali tidak diinginkan siswanya. Bahkan siswa sudah terbiasa menghadapi proses belajar mengajar seperti ini. Siswa selalu merasa gelisah, mengantuk, bahkan tertekan dengan cara mengajar yang di anut oleh pengajar.

Kenyamanan siswa haruslah diutamakan. Dengan begitu gurupun leluasa untuk mengajar. Di tambah lagi dengan peraturan-peraturan yang semestinya ditiadakan, siswa seringkali merasa jengkel. Kebanyakan pengajar kelihatannya masih mencoba-coba teknik mereka bagaimana untuk mengajar yang baik dan cepat diterima oleh siswa. Namun ini sangat tidak efektif karena siswa bukan tikus percobaan.

Mungkin para pengajar harus mencari cara-cara jitu untuk memberikan materi yang bukan seperti penjajah, yang selalu menuntut muridnya agar meresapi apa yang disampaikan. Bahkan ada pengajar yang tidak segan-segan untuk memukul muridnya seperti yang sering terlihat di media.

Ini terlihat bahwa kebanyakan teknik mengajar guru masih seperti mengendalikan mesin yang guru itu sendiri tidak tau cara memperbaikinya. Yaitu dengan cara mamukul-mukul tanpa alasan yang jelas agar mesin itu kembali bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar