Rabu, 27 Januari 2010

10 Kiat Mempertahankan Daya Ingat

Seperti bagian tubuh yang lain, otak juga membutuhkan latihan fisik dan nutrisi yang cukup agar dapat bekerja secara optimal serta dapat meningkatkan daya ingat. Berikut ada 10 hal yang dapat dilakukan untuk menjaga daya ingat tetap baik :


1.Mengkonsumsi kacang kedelai. Menurut Prof. Sandra File dari Guy’s Hospital, London, kacang kedelai mengandung isoflavones. Di dalam otak isoflavones dapat bertindak sebagai reseptor estrogen, terutama dalam hipokampus, area penting untuk memori.

2.Mengkonsumsi zat besi. Zat besi memainkan peranan penting dalam mengubah sinyal dalam otak.

3.Mengkonsumsi kopi. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori.

4.Mengkonsumsi permen karet. Para peneliti jepang menemukan bahwa aktivitas dalam hipokampus mengalami peningkatan saat orang sedang mengunyah permen karet.

5.Mengkonsumsi Ginkgo biloba. Ginkgo biloba dikenal dan digunakan sebagai obat penguat daya ingat selama beribu-ribu tahun yang lalu.

6.Mengkonsumsi minyak ikan. Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3, yang merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat.

7.Mengkonsumsi Rosemary dan sage. Minyak dari tumbuhan ini dapat merangsang memori, memperkuat kejernihan dan kesadaran serta membantu menyembuhkan kelelahan mental.

8.Konsumsi Vitamin B. Vitamin B berfungsi mengirimkan oksigen ke otak dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan bebas.

9. Lakukan latihan mental. Penelitian menunjukkan bahwa rangsangan mental dapat menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat.

10.Lakukan latihan fisik. Latihan fisik setengah jam sebanyak 3 kali dalam seminggu cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak dan dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif.

Sumber : www.astaga.com

1 komentar:

  1. Mantab gan artikelnya, semoga daya ingatnya bertambah dgn melakukan hal2 di atas. Saya sdh follow blogmu gan, follow me back ya.

    BalasHapus