cara memasukkan gambar pada program java, cara memasukkan animasi ke dalam java, cara memasukkan file jpg ke dalam program java, cara memasukkan gambar ke dalam program visual basic, memasukkan gambar pada java GUI, cara memasukkan gambar dalam java 2D, tips memasukkan gambar jpg gif ke dalam java gui java dua dimensi 2D
Kali ini KhairulUmam.com akan berbagi mengenai pemrograman java. Artikelnya adalah sebagai berikut :
Ketika anda membuat program java berbasis GUI, tentu anda tidak ingin tampilan program java anda monotone atau murahan. untuk mempercantik tampilan program java anda ada baiknya anda memasukkan gambar baik dalam format jpg atau format animasi seperti gif. Dengan demikian program java anda akan terlihat lebih indah dan enak dilihat oleh pengguna program yang anda buat itu. Baik, untuk memasukkan gambar kedalam program java anda berikut kami sediakan contoh skrip java GUI.. Silahkan di copy sebagai bahan pembelajaran untuk anda : : :
Buka netbeans Anda lalu buat proyek baru dan buat sebuah class, class ini nantinya akan digunakan untuk menampikan frame yang didalamnya terdapat gambar
Kemudian salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal lalu pelajari penjelasan skripnya
------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------------
package pelajaranjava;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
public class AlasGambar extends Frame{
Toolkit ambilGambar=getToolkit();
AlasGambar(){
super("Gambar Souljaboy");
addWindowListener(JE);
setSize(500,260);
setVisible(true);
}
public void paint(Graphics Gambar){
Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");
Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);
}
JendelaEvent JE = new JendelaEvent();
public class JendelaEvent extends WindowAdapter{
public void windowClosing(WindowEvent wc){
dispose();
System.exit(1);
}
}
}
-------------------------------------------------------------------
Penjelasan Skrip
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
__________________________
Mengimport class yang diperlukan
public class AlasGambar extends Frame{
Toolkit ambilGambar=getToolkit();
AlasGambar(){
super("Gambar Souljaboy");
addWindowListener(JE);
setSize(500,260);
setVisible(true);
}
___________________________________________
Kelas AlasGambar menampilkan frame
membuat objek ambilGambar dari kelas Toolkit yang berfungsi untuk mengambil gambar dari alamat yang diketikan
membuat title program bernama "Gambar Souljaboy"
menambahkan window listener yang akan memproses program ketika User mengolah jendela program
membuat program mempunyai lebar 500 dan tinggi 260
membuat program menampakan dirinya
public void paint(Graphics Gambar){
Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");
Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);
}
_____________________
Membuat void paint dengan parameter berupa objek Gambar dari kelas Graphics
membuat objek img dari kelas Image, img mengambil gambar dari objek ambilGambar yang mengambil gambar Souljaboy dengan tipe gambar JPG yang beralamat pada direktori C
Objek Gambar mulai menggambar img pada kordinat x 150m kordinat y 50, lebar gambar 200 dan tinggi gambar 200, observernya adalah this
JendelaEvent JE = new JendelaEvent();
public class JendelaEvent extends WindowAdapter{
public void windowClosing(WindowEvent wc){
dispose();
System.exit(1);
}
}
____________________________________________
Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent
Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter
Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti
Pada kelas Main salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal
package pelajaranjava;
public class Main {
public static void main(String[] args) {
AlasGambar ag = new AlasGambar();
}
}
___________________________________
Skrip diatas akan membuat objek ag dari kelas AlasGambar, jika Anda menggunakan kelas selain kelas AlasGambar untuk memasukan gambar kedalam frame maka Anda harus mengganti AlasGambar dengan nama kelas yang Anda gunakan tersebut.
Tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan program seperti berikut ini
Sumber : http://tutorialpemrogramanjava.blogspot.com/2009/06/tutorial-pemrograman-java-memasukan.html
Kali ini KhairulUmam.com akan berbagi mengenai pemrograman java. Artikelnya adalah sebagai berikut :
Ketika anda membuat program java berbasis GUI, tentu anda tidak ingin tampilan program java anda monotone atau murahan. untuk mempercantik tampilan program java anda ada baiknya anda memasukkan gambar baik dalam format jpg atau format animasi seperti gif. Dengan demikian program java anda akan terlihat lebih indah dan enak dilihat oleh pengguna program yang anda buat itu. Baik, untuk memasukkan gambar kedalam program java anda berikut kami sediakan contoh skrip java GUI.. Silahkan di copy sebagai bahan pembelajaran untuk anda : : :
Buka netbeans Anda lalu buat proyek baru dan buat sebuah class, class ini nantinya akan digunakan untuk menampikan frame yang didalamnya terdapat gambar
Kemudian salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal lalu pelajari penjelasan skripnya
------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------------
package pelajaranjava;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
public class AlasGambar extends Frame{
Toolkit ambilGambar=getToolkit();
AlasGambar(){
super("Gambar Souljaboy");
addWindowListener(JE);
setSize(500,260);
setVisible(true);
}
public void paint(Graphics Gambar){
Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");
Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);
}
JendelaEvent JE = new JendelaEvent();
public class JendelaEvent extends WindowAdapter{
public void windowClosing(WindowEvent wc){
dispose();
System.exit(1);
}
}
}
-------------------------------------------------------------------
Penjelasan Skrip
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
__________________________
Mengimport class yang diperlukan
public class AlasGambar extends Frame{
Toolkit ambilGambar=getToolkit();
AlasGambar(){
super("Gambar Souljaboy");
addWindowListener(JE);
setSize(500,260);
setVisible(true);
}
___________________________________________
Kelas AlasGambar menampilkan frame
membuat objek ambilGambar dari kelas Toolkit yang berfungsi untuk mengambil gambar dari alamat yang diketikan
membuat title program bernama "Gambar Souljaboy"
menambahkan window listener yang akan memproses program ketika User mengolah jendela program
membuat program mempunyai lebar 500 dan tinggi 260
membuat program menampakan dirinya
public void paint(Graphics Gambar){
Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");
Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);
}
_____________________
Membuat void paint dengan parameter berupa objek Gambar dari kelas Graphics
membuat objek img dari kelas Image, img mengambil gambar dari objek ambilGambar yang mengambil gambar Souljaboy dengan tipe gambar JPG yang beralamat pada direktori C
Objek Gambar mulai menggambar img pada kordinat x 150m kordinat y 50, lebar gambar 200 dan tinggi gambar 200, observernya adalah this
JendelaEvent JE = new JendelaEvent();
public class JendelaEvent extends WindowAdapter{
public void windowClosing(WindowEvent wc){
dispose();
System.exit(1);
}
}
____________________________________________
Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent
Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter
Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti
Pada kelas Main salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal
package pelajaranjava;
public class Main {
public static void main(String[] args) {
AlasGambar ag = new AlasGambar();
}
}
___________________________________
Skrip diatas akan membuat objek ag dari kelas AlasGambar, jika Anda menggunakan kelas selain kelas AlasGambar untuk memasukan gambar kedalam frame maka Anda harus mengganti AlasGambar dengan nama kelas yang Anda gunakan tersebut.
Tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan program seperti berikut ini
Sumber : http://tutorialpemrogramanjava.blogspot.com/2009/06/tutorial-pemrograman-java-memasukan.html
Kalo cara memasukan video ke program java GUI gmn?
BalasHapus